Selasa, 08 Oktober 2013

Pengertian Ilmu Sosial Dasar



Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah suatu program pelajaran yang dikembangkan di perguruan tinggi yang membicarakan hubungan timbal balik antara manusia dengan manusia dan lingkungannya. Pengembangan Ilmu Sosial Dasar ini sejalan dengan realisasi pengembangan ide dan pembaruan sistem pendidikan yang bersifat dinamis dan inovatif. Ilmu Sosial Dasar itu sendiri adalah ilmu-ilmu sosial yang digunakan dalam pendekatan sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. Dan ilmu-ilmu sosial yang dipakai seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psikologi.
Fungsi Ilmu Sosial Dasar.
            Ilmu sosial dasar bertujuan membantu perkembangan, wawasan, pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas dan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengetahuan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, perpepsi dan penalaran dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga lebih peka terhadapnya.
Poinnya seperti di bawah ini :
* Memahami dan menyadari kenyataan dan masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
* Peka terhadap masalah sosial dan ikut serta dalam usaha menanggulanginya.
* Menyadari bahwa masalah sosial yang ada dalam masyarakat bersifat kompleks.
* Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lainya dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
Perbedaan dan  persamaan antara ilmu sosial dasar dengan ilmu pengetahuan sosial.
            Ilmu Sosial Dasar tentunya berbeda dengan Ilmu Pengetahuan Sosial,
Ilmu pengetahuan sosial lebih cenderung mempelajari tentang unsur-unsur atau nilai-nilai dari berinteraksi sosial, nilai kehidupan kita dalam melakukan suatu kegiatan, berpikir menjadi orang yg mempunyai rasa nilai tenggang rasa sesama manusia. didalam ilmu pengatahuan sosial dibagi menjadi beberapa ilmu yaitu: sejarah, geografi, ekonomi, dan masih banyak lagi semua itu besifat universal. Sedangkan Ilmu Dasar Sosial adalah ilmu yang didefinisikan berdasarkan suatu nilai dalam kependudukan yang bertempat di satu Negara yang bisa menilai, menyimpulkan, dan juga menganalasis suatu permasalahan yang ada di sekitarnya dengan bersosialisai akan tetapi juga masih menggunakan suatu nilai yang  terpenting dalam ilmu sosial dasar yaitu fakta, konsep, dan teori nilai tersebut semua diambil dari sejarah, ekonomi, geografi sosial,sosiologi, antropologi, psikologi sosial.
Kaitan Ilmu Sosial Dasar dengan Teknik Industri.
            Sangat banyak hubungan antara dunia pekerjaan dengan Ilmu Sosial Dasar karena secara langsung individu satu dengan individu yang lain melakukan hubungan sosial. Hal itu yang memungkinkan terjadinya suatu kejadian, baik positif maupun negatif.
Kejadian negatif ini yang berdampak permasalahan sosial dan dalam hal ini Ilmu Sosial Dasar dibutuhkan untuk mengkajinya, menelaah setiap permasalahan yang muncul untuk menemukan penyebab dan menemukan solusi yang tepat.