Kamis, 20 Juni 2013

Buku



Buku adalah sekumpulan kertas bertulisan yang dijadikan satu. Kertas-kertas bertulisan itu mempunyai tema bahasan yang sama dan disusun menurut kronologi tertentu, dari awal bahasan sampai kesimpulan dan bahasan tersebut. Buku adalah jendela ilmu pengetahuan. Pengetahuan tertentu dijadikan sebagai satu kesatuan di dalam buku. Agar pengetahuan tidak terpencar-pencar dan mudah dipelajari, maka diciptakanlah buku. Tujuan dari buku tidak lain hanyalah untuk menyatukan ilmu pengetahuan tertentu agar terkumpul dalam satu tempat sehingga mudah ditemukan dan dipelajari.

            Jenis buku ada bermacam-macam, bukan hanya buku ilmu pengetahuan, diantaranya adalah buku cerita, buku komik, buku novel, dan sebagainya. Biasanya buku mempunyai ukuran tertentu yang membedakannya dengan penyatuan kertas bertulisan lainnya. Umumnya buku mempunyai ukuran yang memudahkannya untuk digenggam atau dibawa-bawa oleh seseorang. Tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Kepraktisan menjadi tujuan utama lain dari buku.”.

            Setidaknya itu yang mungkin akan keluar jika kita mengetikkan kata buku di internet. Banyak sekali jenis-jenis buku didunia, bisa dibagi dari jenis, bentuk, maupun dibedakan dari isi-nya bahkan ada yang dibedakan dari ketentuan umur pembacanya hehe... Yang pastinya dari buku kita bisa banyak sekali memdapatkan ilmu bukan cuma pelajaran formal seperti disekolan tetapi juga informal mengenai kehidupan sehari-hari. Jadi tidak salah jika kita memiliki hobi membaca, kareana pepatah lama pun berkata “Buku adalah jendela dunia”.