Jumat, 23 Oktober 2015

Tulisan 1



SEPEDA MOTOR
Bagaikan nadi dalam badan manusia, tidak bermaksud melebih-lebihkan tetapi mngkin bisa diartikan seperti itu kendaraan di jaman sekarang. Karena hampir sebagian besar aktifitas sehari-hari manusia bergantung kepada benda yang satu ini bahkan ada yang bergantung dengan kendaraan sebagai mata pencaharian untuk mengumpulkan rejeki.
Sepeda motor, kendaraan satu ini merupakan kendaraan idola di Indonesia, terbukti tengok saja dijalan-jalan pasti banyak ditemukan sepeda motor berlalu-lalang dijalan setiap menitnya, bahkan detik. Bukan hanya dikota-kota besar, dipelosok daerah pun tidak sulit menemukannya. Dari artis, pejabat, maupun orang biasa pun menggunakan kendaraaan ini. Banyak merek sepeda motor dengan berbagai pilihan jenis menjadikan orang tergiur untuk memilikinya, dari harga jutaan sampai salangit hehe…
Banyaknya jumlah pengguna sepeda motor memiliki banyak segi positif dan negatifnya. Salah satu segi positifnya yang dapat kita rasakan secara langsung adalah mobilitas untuk pergi kemana saja menjadi lebih mudah dengan menggunakan sepeda motor.  Perekonomian menjadi lancar karena proses antar-mengantar barang menjadi mudah, dan masih banyak lagi kelebihan-kelebihan yang lainnya.
Setelah membaca segi positif dari banyaknya pengguna sepeda motor pasti ada segi negatifnya. Segudang permasalahan yang timbul karena banyaknya pengguna sepeda motor dijalannan. Bisa dibilang setiap hari  berita ditelevisi menyiarkan kecelakaan dijalanraya yang menyangkut kendaraan roda dua ini. Dari luka ringan sampai ada jatuh korban jiwa marak disiarkan. Kasus-kasus kriminal juga banyak terjadi dijalan, mulai penjambretan sampai penodongan pengendara sepeda motor. Kehilangan atau pencurian kendaran juga banyak terjadi, “Kejahataan terjadi bukan karena niat pelakunya tetapi juga karena adanya kesempatan” mengutip kata-kata dari salah satu siaran berita ditelevisi, memang benar adanya kita sebagai pengendara juga harus waspada setiap saat dan dimana saja supaya kejahatan tidak terjadi pada kita.
Sebagai akhir saya menyimpulkan peningkatan kendaraan harusnya dibarengi dengan meningkatnya infrastruktur yang menunjang seperti jalan, traffic light, petugas pengatur jalan. Tetapi diatas itu semua kita sebagai pengguna langsung harus memiliki kesiapan dalam berkendara dari sikap kita berada dijalan.