Senin, 19 Januari 2015

Kuesioner



Membuat Kuesioner Penelitian
Kuesioner adalah
Daftar pertanyaan yang tersusun dengan baik yang digunakan untuk alat pengumpulan data melalui survei. Kuesioner harus sesuai dengan masalah yang diteliti. Oleh karena itu sebelum menyusun kuesioner, masalah penelitian harus dirumuskan dengan jelas. Jenis data yang dapat dikumpulkan menggunakan kuesioner bisa kualitatif maupun uantitatif.

Tujuan pembentukan kuesioner:
Sebagai alat memperoleh data yang sesuai dengan tujuan penelitian dan penjabaran dari hipotesis dan mengambil suatu keputusan.

Persyaratan Kuesioner:
Relevan dengan tujuan penelitian
Mudah ditanyakan
Mudah dijawab
Data yang didapat mudah diolah

Langkah-Langkah Pembuatan Quesioner: 

Langkah 1:
• Menentukan Hipotesis
• Menentukan tipe survey yang akan digunakan
• Menentukan pertanyaan-pertanyaan survey
• Menentukan kategori jawaban
• mendesain letak survey
Langkah 2:
• Rencanakan bagaimana data akan dikumpulkan
• Uji awal alat pengukuran
Langkah 3:
• tentukan target populasi
• tentukan teknik sampling (random sampling, non random sampling)
• tentukan ukuran sampel
• pilih sampel
Langkah 4:
• Temukan responden
• lakukan interview/wawancara
• kumpulkan data dengan teliti
Langkah 5:
• Masukkan data kedalam komputer
• periksa ulang seluruh data
• lakukan analisis statistik pada data yang diperoleh
Langkah 6:
• Jelaskan metode dan penemuan dalam laporan penelitian
• Presentasikan untuk mendapatkan masukan dan evaluasi

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan Kuesioner:
1. Pertanyaan hendaknya jelas maksudnya:
a. Pertanyaan tidak terlalu luas
b. Pertanyaan tidak terlalu panjang
c. Pertanyaan tidak boleh memimpin
d. Menghindari pertanyaan yang dobel negatif
2. Pertanyaan hendaknya membantu ingatan responden
3. Pertanyaan menjamin responden untuk dengan mudah mengutarakan jawabannya
4. Pertanyaan hendaknya menghindari bias
5. Pertanyaan memotovasi responden untuk menjawab
6. Pertanyaan dapat menyaring responden
7. Pertanyaan hendaknya dibuat sesederhana mungkin

Tipe Pertanyaan dan Kategori Respon Berdasar jenis:
• Threatening questions/ Pertanyaan yang mengancam : aktivitas sexual, penggunaan obat-obatanan, perilaku menyimpang lainnya.
Knowledge questions/ pertanyaan pengetahuan/ pertanyaan informatif : menanyakan ttg hal-hal yg telah diketahui responden.
Skip or contingency questions / pertanyaan untuk dilewati atau diteruskan : penyaringan untuk responden tertentu

Bentuk pertanyaan:
1. Pertanyaan terbuka / Open ended
Free response questions: kebebasan bagi responden untuk menjawab.
– Directed response questions: kebebasan bagi responden untuk menjawab akan tetapi sudah sedikit diarahkan.
2. Bentuk pertanyaan tertutup / Close Ended
– Dichotomus choice: hanya disediakan 2 jawaban alternatif, responden memilih satu diantaranya.
Multiple choice: menyediakan beberapa jawaban alternatif, responden memilih 1 jawaban yang sesuai dengan pendapat responden

Keuntungan Pertanyaan Tertutup :
Mudah dihitung persentase jawabannya.
Dapat menggunakan lembar jawaban komputer sehingga cepat menghitungnya.
Mudah melacak pendapat berdasarkan waktu
Mudah memfilter jawaban yang tidak berguna atau yang ekstrim.















Contoh Pembuatan suatu kuesioner

LAPORAN PENELITIAN KUESIONER
TENTANG KEPUASAN MAHASISWA/I TERHADAP PENGAJARAN DOSEN

LATAR BELAKANG
Kualitas dan kuantitas sangat penting dalam sebuah akademi untuk menjadikan para Mahasiswa/I menjadi lebih berkualitas yang bisa diterapkan baik itu masih dalam masa Kuliah atau setelah lulus nantinya. Untuk membangun itu semua tentunya tidaklah mudah bahkan memerlukan waktu yang cukup lama dan harus sejalan dengan Visi dan Misi Akademi. Banyak sekali upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hal tersebut salah satunya melalui Kuesioner yang berisikan masukan serta saran dari Mahasiswa/I itu sendiri. Hal ini sangat diperlukan agar kedepannya sebuah Akademi ini bisa menjadi lebih baik lagi dan untuk kepentingan bersama. Sebaliknya pihak akademi sangat terbantu dengan adanya kuesioner dari Mahasiswa/I untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekurangan di dalam Akademi itu sendiri. Dengan dasar itu kami menyelenggarakan kuesioner tentang peningkatan kualitas dan kuantitas yang dinilai dari pandangan Mahasiswa/I yang selama ini dirasakan.
Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas secara mutlak menjadi tanggungjawab pihak Kampus akan tetapi Kampus tidak bisa berbuat sendirian dan dengan adanya Kuesioner ini tentu bisa diupayakan agar semua yang didapat dari kuesioner ini menjadikan bahan dan hasil yang diinginkan bisa terwujud. Kuesioner ini mutlak dari hasil apa yang selama ini Mahasiswa/I rasakan selama kuliah di kampus ini dan tidak adanya paksaan atau sejenisnya sehingga timbul karena adanya rasa paksaan. Hal itu tidak benar dan hasilnya nanti adalah 100% suara dari Mahasiswa/I yang terangkum dalam poin-poin yang mewakili perasaan itu semua.
Dalam pelaksanaan kuesioner tersebut para Mahasiswa/I menyambut dengan senang hati atas diselenggarakan kuesioner ini dan sangat membantu tentang apa-apa yang dirasakan oleh Mahasiswa/I itu sendiri. Penerapan kuesioner ini dilaksanakan secara global tanpa menerangkan nama Dosen ataupun nama dari koresponden atau Mahasiswa/I yang ikut memberikan penilaian dalam kuesioner tersebut. Banyak hal yang didapat dari hasil kuesioner tersebut dan akan sangat baik jika penerapannya dan dapat direalisasikan dalam waktu yang tidak lama sehingga hasilnya bisa dirasakan oleh Mahasiswa/I itu sendiri.
TUJUAN DAN MANFAAT
Kuesioner ini mempunyai tujuan yang sangat baik dan membantu dalam pelaksanaan perkuliahan dan juga menjadikan salah satu cara untuk memperbaiki itu semua. Secara umum kuesioner ini sangat baik untuk dengan segera meningkatkan mutu pembelajaran. Adapun manfaat yang didapat dari Mahasiswa/I yaitu menjadikan bahan masukan untuk perbaikan selama kuliah disini dan juga sebagai aspirasi yang selama ini mereka rasakan dengan kata lain untuk kepentingan bersama dengan hal tersebut. Sedangkan manfaat bagi universitas merupakan hal yang sangat baik agar senantiasa meningkatkan mutu pembelajaran dan pelayanan serta membangun untuk menjadi lebih baik dan berusaha agar menjadi yang terbaik.
SASARAN
Sasaran utama dari kuesioner ini adalah bagaimana cara mengetahui hal-hal apa saja yang menurut Mahasiswa/I sangat kurang atau yang menurut mereka perlu peningkatan dan kemajuan yang lebih baik lagi. Dengan adanya kuesioner ini diupayakan agar terciptanya hal-hal yang positif untuk membangun dan menjadi lebih baik lagi. Sekaligus menjadikan kualitas dan kuantitas yang senantiasa memberikan yang terbaik untuk Mahasiswa/I yang nanti setelah mereka lulus bisa menerapkan keahliannya di kehidupan yang nyata baik dalam lingkungan rumah maupun dalam dunia kerja, yang umumnya menggunakan keahlian yang dimiliki. Sasaran ini tertuju pada seberapa baik penilaian tentang pembelajaran selama ini dari segi kaca mata Mahasiswa/I dan juga sebagai tolak ukur akan kualitas dan kuantitas melalui kuesioner tersebut.
WAKTU PELAKSANAAN
Adapun pelaksanaan kusioner ini yaitu pada hari Senin, 29 Desember 2014 pada saat hari terakhir dalam Ujian Tengah Semester. Dalam tata pelaksanaannya yaitu dimulai dari pemberian izin dari kampus untuk memberikan waktu agar dalam kegiatan ini para dosen yang mengawas jalannya UTS tidak terganggu dan juga mendapat rekomendasi dari Direktur. Dalam pemberian kuesioner ini Mahasiswa/I diberikan terlebih dahulu kuesionernya dan diserahkan kembali setelah menyelesaikan UTS terlebih dahulu, baru setelah itu mengisi kuesioner tersebut.
HASIL YANG DIPEROLEH
Dari hasil penelitian yang berupa kuesioner untuk Mahasiswa/I, pernyataan yang didapat dan dirasakan oleh Mahasiswa/I, ternyata banyak yang merasa kurang dari apa yang diinginkan dan hal tersebut terbukti oleh table di bawah ini yang menunjukan persentasi dari hasil kuesioner tersebut. Dari pernyatan dan makna dari setiap angka tersebut yaitu 1= Sangat buruk, 2= Buruk, 3= Cukup baik, 4= Baik, 5= Sangat baik. Table dibawah ini menunjukan hasil yang diperoleh dalam penelitian dalam bentuk kuesioner tentang hal kualitas dan kuantitas dimata Mahasiswa dan Mahasiswi. Ada banyak hal yang perlu ditingkatkan dan diupayakan agar menjadi lebih baik lagi sehingga para Mahasiswa/I menjadi lulusan yang professional dalam menghadapi dunia kerja yang sebenarnya. Berikut contoh dari poin-poin dalam kuesioner tersebut:
No
Pertanyaan / Pernyataan
Skala Penilaian
1
2
3
4
5
1
Dosen menjelaskan tujuan / sasaran dalam setiap perkuliahan
10%
19%
41%
27%
3%
2
Dosen memberikan ringkasan materi pembelajaran dalam setiap kali pembahasan materi perkuliahan
8%
31%
40%
16%
5%
3
Dosen memberikan copy dari materi perkuliahan yang akan dibahas
17%
33%
18%
11%
21%
4
Dosen dapat memberikan  materi perkuliahan dengan baik dan mudah dimengerti
7%
20%
33%
23%
17%
5
Dosen memberikan jawaban yang tepat dan memuaskan
5%
10%
42%
28%
15%
6
Dosen memiliki alternative jawaban terhadap pertanyaan Mahasiswa/I
11%
27%
39%
18%
5%
7
Dosen sangat antusias dan menarik pada saat memberikan pelajaran kuliah pada umumnya
0%
26%
48%
24%
2%
8
Materi yang diberikan Dosen dapat dengan mudah dipaham
11%
16%
40%
12%
21%
9
Bahasa yang digunakan Dosen pada saat memberikan pelajaran mudah dimengerti
7%
4%
48%
22%
19%
10
Cara Dosen memberikan perkuliahan yang dapat merangsang keinginan dan ketertarikan untuk belajar
7%
13%
24%
39%
17%
11
Dosen memberikan feedback pada saat perkuliahan
7%
11%
43%
28%
11%
13
Dosen memberikan contoh aplikatif untuk pemahaman perkuliahan
8%
10%
29%
39%
14%
14
Dosen bersikap ramah dan baik saat mengajar
9%
12%
23%
41%
15%
15
Dosen sangat bergairah dalam mengajar
0%
9%
19%
51%
21%
16
Dosen memberikan perkuliahan dengan baik dan diselingi humor atau membuat keadaan menjadi tidak membosankan
4%
11%
39%
27%
19%
17
Dosen memberikan masukan atau pujian saat diantara Mahasiswa/I bisa menjawab pertanyaan dengan baik
10%
17%
40%
25%
8%
18
Dosen menegur Mahasiswa/I yang menggangu jalanya perkuliahan
9%
17%
42%
11%
21%
19
Dosen mengakhiri jam perkuliahan tepat waktu
3%
19%
47%
22%
9%
20
Dosen selalu memdorong Mahasiswa/I untuk berperan aktif selama perkuliahan
0%
13%
39%
31%
17%
21
Dosen selalu masuk mengajar selama perkuliahan
0%
10%
44%
12%
34%
22
Bagimanakah perubahan (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) setiap tahunnya
0%
21%
43%
26%
10%
23
Bagaimanakah pelayanan Front Office (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
0%
10%
51%
24%
15%
24
Mahasiswa merasa terbantu selama perkuliahan
0%
0%
48%
33%
19%
25
Mahasiswa/I dapat memahami dan mengerti disetiap perkuliahan
0%
0%
55%
32%
13%
26
Bagaimanakah kualitas pembelajaran dan pengajaran di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
0%
6%
55%
20%
19%
27
Bagaimanakah pelaksanaan perkuliahan di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
0%
2%
43%
37%
18%
28
Bagaimanakah sistem perkuliahan di(Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
0%
5%
62%
20%
13%
39
Bagaimanakah kepekaan Dosen dalam melihat kesulitan bagi Mahasiswa/I yang mengalami kesukaran dalam perkuliahan
0%
3%
33%
43%
21%
30
Bagaimanakah sikap Dosen dalam mengontrol keadaan di dalam kelas selama perkuliahan
0%
0%
41%
47%
12%
31
Bagaimanakah sikap dan sifat dosen sewaktu menerima saran dan kritikan dari Mahasiswa/i
0%
0%
28%
51%
21%
32
Bagaimanakah kemampuan Dosen dalam menyajikan ilustrasi/ memberikan contoh saat Mahasiswa/I mengalami kesulitan mengerti akan perkuliahan
0%
0%
37%
56%
7%
33
Bagaimanakah kualitas dan kuantitas Dosen (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
0%
0%
59%
22%
19%
34
Bagaimanakah sistem perkuliahan di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
0%
5%
62%
20%
13%
35
Bagaimanakah sistem pengajaran perkuliahan di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
0%
0%
51%
32%
17%
36
Bagaimanakah pelayanan all officer/staf dalam melayani Mahasiswa/I
0%
10%
44%
29%
17%
37
Bagaimanakah kualitas lab bahasa di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
0%
24%
44%
21%
11%
38
Bagaimanakah kualitas lab computer di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
0%
21%
49%
23%
7%
39
Bagaimanakah kualitas dan kuantitas fasilitas ruang kelas seperti katersediaan bangku, meja serta jam disetiap kelas
0%
20%
50%
21%
9%
40
Bagaimanakah kebersihan di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
0%
19%
56%
20%
5%
41
Bagaimanakan fasilitas perpustakaan di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
0%
29%
41%
27%
3%
42
Bagaimanakah fasilitas pendukung proses perkuliahan di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
0%
0%
39%
32%
29%
43
Bagaimanakah sikap dan respon serta keramahan staf (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
0%
0%
51%
35%
14%
44
(Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
0%
0%
50%
41%
9%
45
Secara umum bagaimakah pandangan anda tentang (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) selama ini
0%
0%
63%
21%
16%
46
Apakah kriteria (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) sudah meningkat untuk tingkat Akademi
0%
0%
45%
31%
24%
47
Bagaimanakah respon pihak (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) dalam menghadapi komplain dari Mahasiswa/I
0%
0%
49%
28%
23%
48
Secara keseluruhan apa yang anda rasakan selama kuliah di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
0%
0%
54%
29%
17%
49
Sudahkah Kebutuhan Akan Bahasa Inggris Anda terpenuhi
0%
0%
61%
31%
8%
50
Bagaimanakah prospek (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) untuk masa mendatang
0%
0%
69%
25%
6%
Dari presentase pada table yang berisikan kuesioner pertanyaan dan pernyataan tentang poin-poin akan kualitas dan kuantitas, banyak sekali yang perlu diperhatikan dan dapat dilihat dari rata-rata presentase ini lebih banyak dibawah 50% hal ini mengartikan bahwa pada umumnya Mahasiswa/I masih merasa kurang puas akan kualitas dan kuantitas yang ada. Berdasarkan hasil dari keseluruhan koresponden dan dilihat secara keseluruhan dan pada umumnya. Poin-poin dalam kuesioner yang menyatakan nilai sangat buruk poin pertama (1) menyatakan rata-rata penilaian koresponden 5%, sedangkan ada juga yang menilai dengan katagori Buruk yang dilihat dari poin dengan nilai (2) yaitu sebesar 10% jika dilihat dari nilai keseluruhan. Untuk nilai dengan katagori cukup baik dengan nilai (3) dan berdasarkan penilaian keseluruhan koresponden menjawab sebesar kurang dari 40% dari total kuesioner, sedang untuk katagori penilain baik dengan nilai (4) dari seluruh koresponden menjawab dengan nilai kurang dari 28%, dan untuk katagori dengan nilai sangat baik yang kami beri dengan poin (5) dari keseluruhan Mahasiswa/I memberikan penilaian yaitu kurang dari 15%. Nilai untuk ketidaksesuai mencapai 2% dan menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh 98% valid serta validitas akan nilai kuesioner ini mengimplementasikan akan dibutuhkannya peningkatan serta mencerminkan hasil yang berdasarkan kuesioner sangat kurang dari kualitas dan kuantitas.
EVALUASI
Dalam kuesioner ini banyak hal yang perlu diperbaiki dan terus ditingkatkan agar apa yang menjadi visi dan misi menjadi terlaksana dan menjadi lebih baik lagi serta bisa menjadi yang terbaik. Hasil rata-rata dari kuesioner ini membuktikan masih kurangnya kualitas dan kuantitas dari sebuah lembaga khususnya. Jelas sekali dari hasil persentase kuesioner yaitu dibawah 50% semua hasil kuesioner tersebut yang mengidentifikasikan rasa kurang puas akan kebutuhan secara global yang dibutuhkan oleh para Mahasiswa/I. Selain itu dari kuesioner tersebut banyak juga yang memberikan saran dan kritik didalam kuesioner tersebut seperti, perlunya peningkatan Dosen pengajar, kekurangan tenaga pengajar (Dosen), perlunya peningkatan fasilitas perkuliahan, ada juga yang memberi komentar berupa peningkatan fasilitas lab computer dengan penambahan fasilitas internet, karena sekarang ini internet sangat penting dalam proses pembelajaran sebagai contoh bagaimana mencari data untuk tugas-tugas perkuliahan, serta penggunaan bahasa inggris yang masih sedikit dalam penyampaian perkuliahan karena bahasa inggris menjadi pilihan utama maka alangkah baiknya kampus menjadi tempat yang syarat akan bahasa inggris dan juga kurangnya pemasaran sehingga dari tahun ke tahun Mahasiswa hanya sedikit saja yang mau kuliah. Dari komentar dan saran tersebut banyak hal yang perlu dicatat agar terus mengupayakan peningkatan yang berkelanjutan. Peningkatan secara berkelanjutan bisa memberi harapan akan kemajuan dari dan mampu memberikan yang terbaik pada saat para Mahasiswa/I setelah lulus yaitu menjadi lulusan yang profesional.
KESIMPULAN
Hasil kuesioner ini bisa menjadi acuan untuk senantiasa terus meningkatkan mutu perkuliahan, hal ini menjadi penting karena dari data presentase kuesioner ini sangat membutuhkan perhatian dan tindak lanjut dari hasil ini. Ada indikasi bahwa rasa kepuasan akan kepentinggan perkuliahan yang terus ditingkatkan, baik itu dari kualitas materi pembelajaran perkuliahan sampai pada SDM dari dosen yang perlu penambahan karena idealnya dalam perkuliahan satu mata perkuliahan diajarkan oleh satu Dosen dan kualitas Dosen yang bisa ditingkatkan dengan memberikan pelatihanan di luar dari perkuliahan dan bimbingan bagi terwujudnya visi dan misi. Hasil dibawah 50% dari total koresponden kuesioner tersebut sangatlah hasil yang mengecewakan dan sangat jauh dari perkiraan selama ini, data 50% diambil berdasarkan keseluruhan hasil kuesioner dengan penghitungan total dari semua jumlah pada table diatas tersebut.
Poin-poin dalam kuesioner yang menyatakan nilai sangat buruk poin pertama (1) menyatakan rata-rata penilaian koresponden 5%, sedangkan ada juga yang menilai dengan katagori Buruk yang dilihat dari poin dengan nilai (2) yaitu sebesar 10% jika dilihat dari nilai keseluruhan. Poin inilah walaupun nilainya tidak besar akan tetapi dua katagori tersebut sangatlah menunjukan bahwa selama ini kualitas dan kuantitas  masih jauh dari baik. Jumlah persentase tersebut memang tidak terlalu besar tapi jika kita perhatikan dengan adanya hasil kuesioner tersebut maka nilai 5% untuk kategori sangat buruk bisa mencerminkan adanya hal yang dimata Mahasiswa/I buruk karena merekalah yang melihat dan merasakan dan untuk poin 10% dengan kategori buruk jelas sekali adanya kekurangan standar dari apa yang telah ada, dan mohon terus diperhatikan agar untuk kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi dan hasilnya bisa langsung dirasakan oleh Mahasiswa/I. Untuk itu sangat diperlukan perbaikan dan peningkatan kualitas dan kuantitas

PENUTUP
Demikianlah laporan kuesioner ini disusun dan kiranya bisa menjadi data yang valid dari apa-apa yang dihasilkan kuesioner tersebut. Diharapkan untuk kedepanya bisa menjadikan ini terus berkembang untuk menjadi yang terbaik. Segala apa-apa yang kita inginkan untuk kepentingan bersama tentunya menjadu mimpi dan keinginan kita semua agar bisa terwujud dan terlaksana. Yang perlu diperhatikan adalah menemukan bagaimana caranya agar bisa memperbaiki apa yang telah terdata dari hasil kuesioner ini dan bersama-sama bisa mewujudkannya.
























                https://faisal14.wordpress.com/2009/01/31/contoh-laporan-kuesionerpenelitian-                            sederhana/