Membuat Kuesioner Penelitian
Kuesioner
adalah
Daftar pertanyaan yang tersusun dengan baik
yang digunakan untuk alat pengumpulan data melalui survei. Kuesioner harus sesuai dengan masalah
yang diteliti. Oleh karena itu sebelum menyusun kuesioner, masalah penelitian
harus dirumuskan dengan jelas. Jenis
data yang dapat dikumpulkan menggunakan kuesioner bisa kualitatif maupun
uantitatif.
Tujuan
pembentukan kuesioner:
Sebagai alat memperoleh data yang sesuai
dengan tujuan penelitian dan penjabaran dari hipotesis dan mengambil suatu keputusan.
Persyaratan
Kuesioner:
Relevan dengan tujuan penelitian
Mudah ditanyakan
Mudah dijawab
Data yang didapat mudah diolah
Langkah-Langkah Pembuatan Quesioner:
Langkah 1:
• Menentukan Hipotesis
• Menentukan tipe survey yang akan digunakan
• Menentukan pertanyaan-pertanyaan survey
• Menentukan kategori jawaban
• mendesain letak survey
Relevan dengan tujuan penelitian
Mudah ditanyakan
Mudah dijawab
Data yang didapat mudah diolah
Langkah-Langkah Pembuatan Quesioner:
Langkah 1:
• Menentukan Hipotesis
• Menentukan tipe survey yang akan digunakan
• Menentukan pertanyaan-pertanyaan survey
• Menentukan kategori jawaban
• mendesain letak survey
Langkah 2:
• Rencanakan bagaimana data akan dikumpulkan
• Uji awal alat pengukuran
• Rencanakan bagaimana data akan dikumpulkan
• Uji awal alat pengukuran
Langkah 3:
• tentukan target populasi
• tentukan teknik sampling (random sampling, non random sampling)
• tentukan ukuran sampel
• pilih sampel
• tentukan target populasi
• tentukan teknik sampling (random sampling, non random sampling)
• tentukan ukuran sampel
• pilih sampel
Langkah 4:
• Temukan responden
• lakukan interview/wawancara
• kumpulkan data dengan teliti
• Temukan responden
• lakukan interview/wawancara
• kumpulkan data dengan teliti
Langkah 5:
• Masukkan data kedalam komputer
• periksa ulang seluruh data
• lakukan analisis statistik pada data yang diperoleh
• Masukkan data kedalam komputer
• periksa ulang seluruh data
• lakukan analisis statistik pada data yang diperoleh
Langkah 6:
• Jelaskan metode dan penemuan dalam laporan penelitian
• Presentasikan untuk mendapatkan masukan dan evaluasi
• Jelaskan metode dan penemuan dalam laporan penelitian
• Presentasikan untuk mendapatkan masukan dan evaluasi
Beberapa hal
yang perlu diperhatikan dalam pembuatan Kuesioner:
1. Pertanyaan hendaknya jelas maksudnya:
a. Pertanyaan tidak terlalu luas
b. Pertanyaan tidak terlalu panjang
c. Pertanyaan tidak boleh memimpin
d. Menghindari pertanyaan yang dobel negatif
2. Pertanyaan hendaknya membantu ingatan responden
3. Pertanyaan menjamin responden untuk dengan mudah mengutarakan jawabannya
4. Pertanyaan hendaknya menghindari bias
5. Pertanyaan memotovasi responden untuk menjawab
6. Pertanyaan dapat menyaring responden
7. Pertanyaan hendaknya dibuat sesederhana mungkin
Tipe Pertanyaan dan Kategori Respon Berdasar jenis: • Threatening questions/ Pertanyaan yang mengancam : aktivitas sexual, penggunaan obat-obatanan, perilaku menyimpang lainnya.
• Knowledge questions/ pertanyaan pengetahuan/ pertanyaan informatif : menanyakan ttg hal-hal yg telah diketahui responden.
• Skip or contingency questions / pertanyaan untuk dilewati atau diteruskan : penyaringan untuk responden tertentu
1. Pertanyaan hendaknya jelas maksudnya:
a. Pertanyaan tidak terlalu luas
b. Pertanyaan tidak terlalu panjang
c. Pertanyaan tidak boleh memimpin
d. Menghindari pertanyaan yang dobel negatif
2. Pertanyaan hendaknya membantu ingatan responden
3. Pertanyaan menjamin responden untuk dengan mudah mengutarakan jawabannya
4. Pertanyaan hendaknya menghindari bias
5. Pertanyaan memotovasi responden untuk menjawab
6. Pertanyaan dapat menyaring responden
7. Pertanyaan hendaknya dibuat sesederhana mungkin
Tipe Pertanyaan dan Kategori Respon Berdasar jenis: • Threatening questions/ Pertanyaan yang mengancam : aktivitas sexual, penggunaan obat-obatanan, perilaku menyimpang lainnya.
• Knowledge questions/ pertanyaan pengetahuan/ pertanyaan informatif : menanyakan ttg hal-hal yg telah diketahui responden.
• Skip or contingency questions / pertanyaan untuk dilewati atau diteruskan : penyaringan untuk responden tertentu
Bentuk
pertanyaan:
1. Pertanyaan terbuka / Open ended
– Free response questions: kebebasan bagi responden untuk menjawab.
– Directed response questions: kebebasan bagi responden untuk menjawab akan tetapi sudah sedikit diarahkan.
1. Pertanyaan terbuka / Open ended
– Free response questions: kebebasan bagi responden untuk menjawab.
– Directed response questions: kebebasan bagi responden untuk menjawab akan tetapi sudah sedikit diarahkan.
2. Bentuk
pertanyaan tertutup / Close
Ended
– Dichotomus choice: hanya disediakan 2 jawaban alternatif, responden memilih satu diantaranya.
– Multiple choice: menyediakan beberapa jawaban alternatif, responden memilih 1 jawaban yang sesuai dengan pendapat responden
– Dichotomus choice: hanya disediakan 2 jawaban alternatif, responden memilih satu diantaranya.
– Multiple choice: menyediakan beberapa jawaban alternatif, responden memilih 1 jawaban yang sesuai dengan pendapat responden
Keuntungan
Pertanyaan Tertutup :
Mudah dihitung persentase jawabannya.
Dapat menggunakan lembar jawaban komputer sehingga cepat menghitungnya.
Mudah melacak pendapat berdasarkan waktu
Mudah memfilter jawaban yang tidak berguna atau yang ekstrim.
Mudah dihitung persentase jawabannya.
Dapat menggunakan lembar jawaban komputer sehingga cepat menghitungnya.
Mudah melacak pendapat berdasarkan waktu
Mudah memfilter jawaban yang tidak berguna atau yang ekstrim.
Contoh Pembuatan suatu kuesioner
LAPORAN PENELITIAN KUESIONER
TENTANG KEPUASAN
MAHASISWA/I TERHADAP PENGAJARAN DOSEN
LATAR BELAKANG
Kualitas
dan kuantitas sangat penting dalam sebuah akademi untuk menjadikan para
Mahasiswa/I menjadi lebih berkualitas yang bisa diterapkan baik itu masih dalam
masa Kuliah atau setelah lulus nantinya. Untuk membangun itu semua tentunya
tidaklah mudah bahkan memerlukan waktu yang cukup lama dan harus sejalan dengan
Visi dan Misi Akademi. Banyak sekali upaya yang bisa dilakukan untuk
meningkatkan hal tersebut salah satunya melalui Kuesioner yang berisikan
masukan serta saran dari Mahasiswa/I itu sendiri. Hal ini sangat diperlukan
agar kedepannya sebuah Akademi ini bisa menjadi lebih baik lagi dan untuk
kepentingan bersama. Sebaliknya pihak akademi sangat terbantu dengan adanya
kuesioner dari Mahasiswa/I untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekurangan di
dalam Akademi itu sendiri. Dengan dasar itu kami menyelenggarakan kuesioner
tentang peningkatan kualitas dan kuantitas yang
dinilai dari pandangan Mahasiswa/I yang selama ini dirasakan.
Untuk
meningkatkan kualitas dan kuantitas secara mutlak menjadi tanggungjawab pihak
Kampus akan tetapi Kampus tidak bisa berbuat sendirian dan dengan adanya
Kuesioner ini tentu bisa diupayakan agar semua yang didapat dari kuesioner ini
menjadikan bahan dan hasil yang diinginkan bisa terwujud. Kuesioner ini mutlak
dari hasil apa yang selama ini Mahasiswa/I rasakan selama kuliah di kampus ini
dan tidak adanya paksaan atau sejenisnya sehingga timbul karena adanya rasa
paksaan. Hal itu tidak benar dan hasilnya nanti adalah 100% suara dari
Mahasiswa/I yang terangkum dalam poin-poin yang mewakili perasaan itu semua.
Dalam
pelaksanaan kuesioner tersebut para Mahasiswa/I menyambut dengan senang hati
atas diselenggarakan kuesioner ini dan sangat membantu tentang apa-apa yang
dirasakan oleh Mahasiswa/I itu sendiri. Penerapan kuesioner ini dilaksanakan
secara global tanpa menerangkan nama Dosen ataupun nama dari koresponden atau
Mahasiswa/I yang ikut memberikan penilaian dalam kuesioner tersebut. Banyak hal
yang didapat dari hasil kuesioner tersebut dan akan sangat baik jika
penerapannya dan dapat direalisasikan dalam waktu yang tidak lama sehingga
hasilnya bisa dirasakan oleh Mahasiswa/I itu sendiri.
TUJUAN
DAN MANFAAT
Kuesioner
ini mempunyai tujuan yang sangat baik dan membantu dalam pelaksanaan
perkuliahan dan juga menjadikan salah satu cara untuk memperbaiki itu semua.
Secara umum kuesioner ini sangat baik untuk dengan segera meningkatkan mutu
pembelajaran. Adapun manfaat yang didapat dari Mahasiswa/I yaitu menjadikan
bahan masukan untuk perbaikan selama kuliah disini dan juga sebagai aspirasi
yang selama ini mereka rasakan dengan kata lain untuk kepentingan bersama
dengan hal tersebut. Sedangkan manfaat bagi universitas merupakan hal yang
sangat baik agar senantiasa meningkatkan mutu pembelajaran dan pelayanan serta
membangun untuk menjadi lebih baik dan berusaha agar menjadi yang terbaik.
SASARAN
Sasaran
utama dari kuesioner ini adalah bagaimana cara mengetahui hal-hal apa saja yang
menurut Mahasiswa/I sangat kurang atau yang menurut mereka perlu peningkatan
dan kemajuan yang lebih baik lagi. Dengan adanya kuesioner ini diupayakan agar
terciptanya hal-hal yang positif untuk membangun dan menjadi
lebih baik lagi. Sekaligus menjadikan kualitas dan kuantitas yang senantiasa
memberikan yang terbaik untuk Mahasiswa/I yang nanti setelah mereka lulus bisa
menerapkan keahliannya di kehidupan yang nyata baik dalam lingkungan rumah
maupun dalam dunia kerja, yang umumnya menggunakan keahlian yang dimiliki.
Sasaran ini tertuju pada seberapa baik penilaian tentang pembelajaran selama
ini dari segi kaca mata Mahasiswa/I dan juga sebagai tolak ukur akan kualitas
dan kuantitas melalui kuesioner tersebut.
WAKTU
PELAKSANAAN
Adapun
pelaksanaan kusioner ini yaitu pada hari Senin, 29
Desember 2014 pada saat hari terakhir dalam Ujian Tengah Semester. Dalam
tata pelaksanaannya yaitu dimulai dari pemberian izin dari kampus untuk
memberikan waktu agar dalam kegiatan ini para dosen yang mengawas jalannya UTS
tidak terganggu dan juga mendapat rekomendasi dari Direktur. Dalam pemberian
kuesioner ini Mahasiswa/I diberikan terlebih dahulu kuesionernya dan diserahkan
kembali setelah menyelesaikan UTS terlebih dahulu, baru setelah itu mengisi
kuesioner tersebut.
HASIL
YANG DIPEROLEH
Dari hasil
penelitian yang berupa kuesioner untuk Mahasiswa/I, pernyataan yang didapat dan
dirasakan oleh Mahasiswa/I, ternyata
banyak yang merasa kurang dari apa yang diinginkan dan hal tersebut terbukti
oleh table di bawah ini yang menunjukan persentasi dari hasil kuesioner
tersebut. Dari pernyatan dan makna dari setiap angka tersebut yaitu 1= Sangat
buruk, 2= Buruk, 3= Cukup baik, 4= Baik, 5= Sangat baik. Table dibawah ini
menunjukan hasil yang diperoleh dalam penelitian dalam bentuk kuesioner tentang
hal kualitas dan kuantitas dimata Mahasiswa dan Mahasiswi. Ada
banyak hal yang perlu ditingkatkan dan diupayakan agar menjadi lebih baik lagi
sehingga para Mahasiswa/I menjadi lulusan yang professional dalam menghadapi
dunia kerja yang sebenarnya. Berikut contoh dari poin-poin dalam kuesioner
tersebut:
No
|
Pertanyaan / Pernyataan
|
Skala Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Dosen menjelaskan tujuan / sasaran
dalam setiap perkuliahan
|
10%
|
19%
|
41%
|
27%
|
3%
|
2
|
Dosen memberikan ringkasan materi
pembelajaran dalam setiap kali pembahasan materi perkuliahan
|
8%
|
31%
|
40%
|
16%
|
5%
|
3
|
Dosen memberikan copy dari materi
perkuliahan yang akan dibahas
|
17%
|
33%
|
18%
|
11%
|
21%
|
4
|
Dosen dapat memberikan
materi perkuliahan dengan baik dan mudah dimengerti
|
7%
|
20%
|
33%
|
23%
|
17%
|
5
|
Dosen memberikan jawaban yang
tepat dan memuaskan
|
5%
|
10%
|
42%
|
28%
|
15%
|
6
|
Dosen memiliki alternative jawaban
terhadap pertanyaan Mahasiswa/I
|
11%
|
27%
|
39%
|
18%
|
5%
|
7
|
Dosen sangat antusias dan menarik
pada saat memberikan pelajaran kuliah pada umumnya
|
0%
|
26%
|
48%
|
24%
|
2%
|
8
|
Materi yang diberikan Dosen dapat
dengan mudah dipaham
|
11%
|
16%
|
40%
|
12%
|
21%
|
9
|
Bahasa yang digunakan Dosen pada
saat memberikan pelajaran mudah dimengerti
|
7%
|
4%
|
48%
|
22%
|
19%
|
10
|
Cara Dosen memberikan perkuliahan
yang dapat merangsang keinginan dan ketertarikan untuk belajar
|
7%
|
13%
|
24%
|
39%
|
17%
|
11
|
Dosen memberikan feedback pada
saat perkuliahan
|
7%
|
11%
|
43%
|
28%
|
11%
|
13
|
Dosen memberikan contoh aplikatif
untuk pemahaman perkuliahan
|
8%
|
10%
|
29%
|
39%
|
14%
|
14
|
Dosen bersikap ramah dan baik saat
mengajar
|
9%
|
12%
|
23%
|
41%
|
15%
|
15
|
Dosen sangat bergairah dalam
mengajar
|
0%
|
9%
|
19%
|
51%
|
21%
|
16
|
Dosen memberikan perkuliahan
dengan baik dan diselingi humor atau membuat keadaan menjadi tidak
membosankan
|
4%
|
11%
|
39%
|
27%
|
19%
|
17
|
Dosen memberikan masukan atau
pujian saat diantara Mahasiswa/I bisa menjawab pertanyaan dengan baik
|
10%
|
17%
|
40%
|
25%
|
8%
|
18
|
Dosen menegur Mahasiswa/I yang
menggangu jalanya perkuliahan
|
9%
|
17%
|
42%
|
11%
|
21%
|
19
|
Dosen mengakhiri jam perkuliahan
tepat waktu
|
3%
|
19%
|
47%
|
22%
|
9%
|
20
|
Dosen selalu memdorong Mahasiswa/I
untuk berperan aktif selama perkuliahan
|
0%
|
13%
|
39%
|
31%
|
17%
|
21
|
Dosen selalu masuk mengajar selama
perkuliahan
|
0%
|
10%
|
44%
|
12%
|
34%
|
22
|
Bagimanakah perubahan (Nama
Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) setiap tahunnya
|
0%
|
21%
|
43%
|
26%
|
10%
|
23
|
Bagaimanakah pelayanan Front
Office (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
|
0%
|
10%
|
51%
|
24%
|
15%
|
24
|
Mahasiswa merasa terbantu selama
perkuliahan
|
0%
|
0%
|
48%
|
33%
|
19%
|
25
|
Mahasiswa/I dapat memahami dan
mengerti disetiap perkuliahan
|
0%
|
0%
|
55%
|
32%
|
13%
|
26
|
Bagaimanakah kualitas pembelajaran
dan pengajaran di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
|
0%
|
6%
|
55%
|
20%
|
19%
|
27
|
Bagaimanakah pelaksanaan
perkuliahan di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
|
0%
|
2%
|
43%
|
37%
|
18%
|
28
|
Bagaimanakah sistem perkuliahan
di(Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
|
0%
|
5%
|
62%
|
20%
|
13%
|
39
|
Bagaimanakah kepekaan Dosen dalam
melihat kesulitan bagi Mahasiswa/I yang mengalami kesukaran dalam perkuliahan
|
0%
|
3%
|
33%
|
43%
|
21%
|
30
|
Bagaimanakah sikap Dosen dalam
mengontrol keadaan di dalam kelas selama perkuliahan
|
0%
|
0%
|
41%
|
47%
|
12%
|
31
|
Bagaimanakah sikap dan sifat dosen
sewaktu menerima saran dan kritikan dari Mahasiswa/i
|
0%
|
0%
|
28%
|
51%
|
21%
|
32
|
Bagaimanakah kemampuan Dosen dalam
menyajikan ilustrasi/ memberikan contoh saat Mahasiswa/I mengalami kesulitan
mengerti akan perkuliahan
|
0%
|
0%
|
37%
|
56%
|
7%
|
33
|
Bagaimanakah kualitas dan
kuantitas Dosen (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
|
0%
|
0%
|
59%
|
22%
|
19%
|
34
|
Bagaimanakah sistem perkuliahan di
(Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
|
5%
|
62%
|
20%
|
13%
|
|
35
|
Bagaimanakah sistem pengajaran
perkuliahan di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
|
0%
|
0%
|
51%
|
32%
|
17%
|
36
|
Bagaimanakah pelayanan all
officer/staf dalam melayani Mahasiswa/I
|
0%
|
10%
|
44%
|
29%
|
17%
|
37
|
Bagaimanakah kualitas lab bahasa
di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
|
0%
|
24%
|
44%
|
21%
|
11%
|
38
|
Bagaimanakah kualitas lab computer
di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
|
0%
|
21%
|
49%
|
23%
|
7%
|
39
|
Bagaimanakah kualitas dan kuantitas
fasilitas ruang kelas seperti katersediaan bangku, meja serta jam disetiap
kelas
|
0%
|
20%
|
50%
|
21%
|
9%
|
40
|
Bagaimanakah kebersihan di (Nama
Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
|
0%
|
19%
|
56%
|
20%
|
5%
|
41
|
Bagaimanakan fasilitas
perpustakaan di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
|
0%
|
29%
|
41%
|
27%
|
3%
|
42
|
Bagaimanakah fasilitas pendukung
proses perkuliahan di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
|
0%
|
0%
|
39%
|
32%
|
29%
|
43
|
Bagaimanakah sikap dan respon
serta keramahan staf (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
|
0%
|
0%
|
51%
|
35%
|
14%
|
44
|
(Nama Kampus/Skripsi
dll,,,,,,,,,,)
|
0%
|
0%
|
50%
|
41%
|
9%
|
45
|
Secara umum bagaimakah pandangan
anda tentang (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) selama ini
|
0%
|
0%
|
63%
|
21%
|
16%
|
46
|
Apakah kriteria (Nama
Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) sudah meningkat untuk tingkat Akademi
|
0%
|
0%
|
45%
|
31%
|
24%
|
47
|
Bagaimanakah respon pihak (Nama
Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) dalam menghadapi komplain dari Mahasiswa/I
|
0%
|
0%
|
49%
|
28%
|
23%
|
48
|
Secara keseluruhan apa yang anda
rasakan selama kuliah di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
|
0%
|
0%
|
54%
|
29%
|
17%
|
49
|
Sudahkah Kebutuhan Akan Bahasa
Inggris Anda terpenuhi
|
0%
|
0%
|
61%
|
31%
|
8%
|
50
|
Bagaimanakah prospek (Nama
Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) untuk masa mendatang
|
0%
|
0%
|
69%
|
25%
|
6%
|
Dari
presentase pada table yang berisikan kuesioner pertanyaan dan pernyataan
tentang poin-poin akan kualitas dan kuantitas, banyak sekali yang perlu
diperhatikan dan dapat dilihat dari rata-rata presentase ini lebih banyak
dibawah 50% hal ini mengartikan bahwa pada umumnya Mahasiswa/I masih merasa
kurang puas akan kualitas dan kuantitas yang ada. Berdasarkan hasil dari keseluruhan
koresponden dan dilihat secara keseluruhan dan pada umumnya. Poin-poin dalam
kuesioner yang menyatakan nilai sangat buruk poin pertama (1) menyatakan
rata-rata penilaian koresponden 5%, sedangkan ada juga yang menilai dengan
katagori Buruk yang dilihat dari poin dengan nilai (2) yaitu sebesar 10% jika
dilihat dari nilai keseluruhan. Untuk nilai dengan katagori cukup baik dengan
nilai (3) dan berdasarkan penilaian keseluruhan koresponden menjawab sebesar
kurang dari 40% dari total kuesioner, sedang untuk katagori penilain baik
dengan nilai (4) dari seluruh koresponden menjawab dengan nilai kurang dari
28%, dan untuk katagori dengan nilai sangat baik yang kami beri dengan poin (5)
dari keseluruhan Mahasiswa/I memberikan penilaian yaitu kurang dari 15%. Nilai
untuk ketidaksesuai mencapai 2% dan menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh 98%
valid serta validitas akan nilai kuesioner ini mengimplementasikan akan
dibutuhkannya peningkatan serta mencerminkan hasil yang berdasarkan kuesioner
sangat kurang dari kualitas dan kuantitas.
EVALUASI
Dalam
kuesioner ini banyak hal yang perlu diperbaiki dan terus ditingkatkan agar apa
yang menjadi visi dan misi menjadi terlaksana dan menjadi lebih baik lagi serta
bisa menjadi yang terbaik. Hasil rata-rata dari kuesioner ini membuktikan masih
kurangnya kualitas dan kuantitas dari sebuah lembaga khususnya. Jelas sekali
dari hasil persentase kuesioner yaitu dibawah 50% semua hasil kuesioner
tersebut yang mengidentifikasikan rasa kurang puas akan kebutuhan secara global
yang dibutuhkan oleh para Mahasiswa/I. Selain itu dari kuesioner tersebut
banyak juga yang memberikan saran dan kritik didalam kuesioner tersebut
seperti, perlunya peningkatan Dosen pengajar, kekurangan tenaga pengajar
(Dosen), perlunya peningkatan fasilitas perkuliahan, ada juga yang memberi
komentar berupa peningkatan fasilitas lab computer dengan penambahan fasilitas
internet, karena sekarang ini internet sangat penting dalam proses pembelajaran
sebagai contoh bagaimana mencari data untuk tugas-tugas perkuliahan, serta
penggunaan bahasa inggris yang masih sedikit dalam penyampaian perkuliahan
karena bahasa inggris menjadi pilihan utama maka alangkah baiknya kampus
menjadi tempat yang syarat akan bahasa inggris dan juga kurangnya pemasaran
sehingga dari tahun ke tahun Mahasiswa hanya sedikit saja yang mau kuliah. Dari
komentar dan saran tersebut banyak hal yang perlu dicatat agar terus mengupayakan peningkatan yang berkelanjutan.
Peningkatan secara berkelanjutan bisa memberi harapan akan kemajuan dari dan
mampu memberikan yang terbaik pada saat para Mahasiswa/I setelah lulus yaitu
menjadi lulusan yang profesional.
KESIMPULAN
Hasil
kuesioner ini bisa menjadi acuan untuk senantiasa terus meningkatkan mutu
perkuliahan, hal ini menjadi penting karena dari data presentase
kuesioner ini sangat membutuhkan perhatian dan tindak lanjut dari hasil ini.
Ada indikasi bahwa rasa kepuasan akan kepentinggan perkuliahan yang terus
ditingkatkan, baik itu dari kualitas materi pembelajaran perkuliahan sampai
pada SDM dari dosen yang perlu penambahan karena idealnya dalam perkuliahan
satu mata perkuliahan diajarkan oleh satu Dosen dan kualitas Dosen yang bisa
ditingkatkan dengan memberikan pelatihanan di luar dari perkuliahan dan
bimbingan bagi terwujudnya visi dan misi. Hasil dibawah 50% dari total
koresponden kuesioner tersebut sangatlah hasil yang mengecewakan dan sangat
jauh dari perkiraan selama ini, data 50% diambil berdasarkan keseluruhan hasil
kuesioner dengan penghitungan total dari semua jumlah pada table diatas
tersebut.
Poin-poin
dalam kuesioner yang menyatakan nilai sangat buruk poin pertama (1) menyatakan
rata-rata penilaian koresponden 5%, sedangkan ada juga yang menilai dengan
katagori Buruk yang dilihat dari poin dengan nilai (2) yaitu sebesar 10% jika
dilihat dari nilai keseluruhan. Poin inilah walaupun nilainya tidak besar akan
tetapi dua katagori tersebut sangatlah menunjukan bahwa selama ini kualitas dan
kuantitas masih jauh dari baik. Jumlah
persentase tersebut memang tidak terlalu besar tapi jika kita perhatikan dengan
adanya hasil kuesioner tersebut maka nilai 5% untuk kategori sangat buruk bisa
mencerminkan adanya hal yang dimata Mahasiswa/I buruk karena merekalah yang
melihat dan merasakan dan untuk poin 10% dengan kategori buruk jelas sekali
adanya kekurangan standar dari apa yang telah ada, dan mohon terus diperhatikan
agar untuk kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi dan hasilnya bisa langsung
dirasakan oleh Mahasiswa/I. Untuk itu sangat diperlukan perbaikan dan
peningkatan kualitas dan kuantitas
PENUTUP
Demikianlah
laporan kuesioner ini disusun dan kiranya bisa menjadi data yang valid dari
apa-apa yang dihasilkan kuesioner tersebut. Diharapkan untuk kedepanya bisa
menjadikan ini terus berkembang untuk menjadi yang terbaik. Segala apa-apa yang kita inginkan untuk kepentingan bersama
tentunya menjadu mimpi dan keinginan kita semua agar bisa terwujud dan
terlaksana. Yang perlu diperhatikan adalah menemukan bagaimana caranya agar
bisa memperbaiki apa yang telah terdata dari hasil kuesioner ini dan bersama-sama
bisa mewujudkannya.